Contoh RPP Pembelajaran Terpadu
Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
PEMBELAJARAN TERPADU
PEMBELAJARAN TERPADU
Mata Pelajaran : 1.
Matematika
2. PLBJ
3. IPA
Tema : Keluarga
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas/Semester :
III / II
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (6x35 menit)
Hari / Tanggal : Kamis / 19 Maret 2015
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1.
Matematika
Geometri dan pengukuran
Menggunakan pengukuran
waktu panjang dan berat dalam pemecahan masalah
2.
PLBJ
Siswa dapat mengenal,
memahami upacara adat Betawi melalui pengamatan dan komunilasi
3.
IPA
Mengidentifikasi
sifat-sifat benda padat, cair dan gas
II. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar dan Indikator
|
1.
Matematika
|
· Memilih alat ukur
sesuai dengan fungsinya (meteran, jam, atau timbangan)
·
Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang di
ukur
|
2. PLBJ
|
·
Mengenal tata cara upacara adat turun tanah
·
Menjelaskan tata cara pada upacara adat turun
tanah
|
3. IPA
|
·
Mengidentifikasi sifat sifat benda padat, cair dan
gas
·
Membandingkan sifat benda cair
·
Membandingkan
sifat benda padat
|
III. MATERI PEMBELAJARAN
Untuk
mencapai kompetensi dasar dan indikator di atar ditetapkan materi pembelajaran
sebagai berikut.
1.
Matematika
Memilih alat
ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
jam, atau timbangan)
Meteran : penggaris, meteran pita, meteran
gulung, meteran saku
Timbangan : neraca, timbangan duduk, timbangan
digital, timbangan dacin, timbangan
badan, timbangan berdiri
Jam : jam dinding, jam digital,
jam tangan
2.
PLBJ
Menyebutkan
daerah asal upacara adat Turun Tanah, menjelaskan maksud diadakan upacara turun
tanah, member contoh nama hidangan yang disajikan saat upacara turun tanah, dan
mengenal tata cara upacara adat turun
tanah beserta urutan acaranya.
3.
IPA
Membandingkan sifat-sifat benda padat
dan cair dan mengelompokkan yang
termasuk benda padat dan benda cair.
IV. STRATEGI
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Persiapan/pra pembelajaran
Guru
mempersipkan segala sesuatu yang akan mendukung pelaksanaan proses pembelajaran
terpadu, seperti : mengatur ruangan, menyiapkan alat/media pembelajaran yang
akan digunakan.
2. Kegiatan Pembukaan
- Siswa dikondisikan ke dalam situasi belajar yang kondisif.
- Melakukan kegiatan apersepsi dengan cara mengajak siswa bertepuk tangan “tepuk tunggal ganda”, sebagai motivasi untuk membangkitkan gairah belajar siswa.
- Menyampaikan secara lisan dan menuliskan di papan tulis materi yang akan dipelajari, dilanjutkan dengan menjelaskan kemampuan-kemampuan yang diharapkan dapat dicapai siswa setelah pertemuan pembelajaran berakhir.
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan siswa selam pembelajaran belangsung
3. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang alat ukur panjang, waktu dan berat
- Guru menjelaskan macam-macam alat ukur panjang beserta fungsinya melalui gamba
- Guru menjelaskan macam-macam alat ukur berat beserta fungsinya melalui gambar
- Guru menjelaskan macam-macam alat ukur waktu beserta fungsinya melalui gambar
- Secara berpasangan siswa melakukan Tanya jawab dengan teman sebangku tentang macam-macam alat ukur dan fingsinya melalui gambar yang dihubungkan dengan upacara adat Turun Tanah (contoh : bayi 7-8 tahun di timbang menggunakan timbangan badan dan lain-lain)
- Secara bergiliran siswa membaca materi upacara adat turun tanah
- Guru menceritakan asal usul upacara adat turun tanah.
- Guru menjelaskan maksud diadakan upacara adat turun tanah dan menjelaskan tata cara upacara adat turun tanah
- Guru memberi contoh hidangan yang biasa disajikan saat upacara Turun Tanah
- Kegiatan selanjutnya, guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok untuk mensimulasikan upacara adat turun tanah dan siswa mengelompokan benda-benda padat dan cair sesuai benda yang telah di sediakan (hidangan yang disajikan pada upacara adat turun tanah seperti kue-kue, buah-buahan, nasi uduk dan minuman) serta mengamati benda-benda tersebut dengan menyebutkan sifat-sifat dari benda padat dan cair
- Setiap kelompok mempresentasikannya di depan kelas, kelompok yang lain menyimak.
- Setiap kelompok mencatat hasil pengamatan pada tabel yang telah disediakan.
- Siswa dibimbing untuk menarik kesimpulan dari apa yang telah dibahas dalam pertemuan ini.
- Tindak lanjut dengan pembiasaan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.
- Memberikan penugasan berupa PR dari LKS.
- Mnyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pertemuan berikutnya.
V.
ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Buku Paket Tematik
kelas 3
2.
LKS tematik kelas 3
3.
Koran , majalah dan
buku-buku pengetahuan
4.
Lingkungan di
sekitar sekolah
5.
Gambar-gambar alat
ukur
6.
Makanan dan minuman
VI.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.
Prosedur
Penilaian:
a.
Penilaian
proses dilakukan untuk melihat kejasama siswa dalam kelompok
b.
Penilaian
akhir ( post test )
2.
Jenis
dan bentuk tes :
a.
Tes
tulisan bentuk uraian terbatas,, dilakukan pada akhir pembelajaran
b.
Tes
lisan dilakukan pada awal dan akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan
siswa sebelum dan sesudah pembelajaran
c.
Tes
kinerja dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung untuk mengukur:
a) keruntutan dalam menceritakan urutan tatacara upacara adat Turun Tanah.
b) ketepatan dalam pengelompokan benda-benda padat dan cair.
c) ketepatan mengamati fungsi dari alat ukur (meteran, jam, timbangan).
a) keruntutan dalam menceritakan urutan tatacara upacara adat Turun Tanah.
b) ketepatan dalam pengelompokan benda-benda padat dan cair.
c) ketepatan mengamati fungsi dari alat ukur (meteran, jam, timbangan).
3.
Alat
Penilaian
a.
Lembar
soal , terlampir
b.
Lembar
pengamatan, terlampir
c.
Lembar
penilaian kinerja, terlampir
VII.
SUMBER RUJUKAN
1.
Ilmu
Pengetahuan Alam, untuk sekolah dasar
kelas 3, CV Pustaka Bengawan,
2.
Matematika,
untuk Sekolah Dasar Kelas 3, Qualitas
Ilmiah Competity
3.
Pendidikan
Lingkungan dan Budaya Jakarta, untuk
Sekolah Dasar Kelas 3, Arya Duta, tahun 2009
http://id.wikipedia.org/wiki/Rencana_pelaksanaan_pembelajaran
http://id.wikipedia.org/wiki/Rencana_pelaksanaan_pembelajaran
Komentar
Posting Komentar